Senin, 04 April 2011

Kartu Kredit

Kartu kredit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920-an di Amerika Serikat. Pada mulanya orang menyebut sebagai uang plastik. Belakangan uang plastik atau kartu kredit ini menarik perhatian perhatian masyarakat di seluruh dunia.
Kemudian pada tahun 1985, mulai diperkenalkan kartu kredit dengan hologram eksklusif yang canggih. Hologram pada kartu kredit ini dibuat dengan sinar laser yang kelihatan berbentuk tiga dimensi. Selain itu, kartu kredit diberi ciri-ciri pengaman lain, antara lain kode-kode khusus dalam baris magnetik di belakangnya hingga bentuk tanda yang tidak kelihatan yang tampak di bawah cahaya ultraviolet. Ada juga kartu kredit yang diberi foto pemiliknya. Tujuannya untuk menghindari pemalsuan dan penyalahgunaan kartu kredit.
Meski menggunakan kartu kredit lebih leluasa dan mudah, namun yang patut diingat adalah menggunakan kartu kredit sama seperti Anda berhutang. Saat membeli sesuatu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tetapi cukup menggesek kartu kredit. Transaksi-transaksi pembelian yang dilakukan dalam periode satu bulan diakumulasikan menjadi total tagihan yang harus dibayar. Pada tanggal tertentu setiap bulannya menjadi tanggal jatuh tempo yang merupakan tanggal paling lambat Anda membayarkan tagihan. Sebelumnya, lembar tagihan akan dikirimkan, yang berisi rincian tanggal transaksi, total tagihan dan jumlah minimum yang harus dibayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar